FORZA MILAN SALAM SATU JIWA AND THANKS FOR COMING !!!!

Kamis, 28 Juni 2012

Belajar Menjernihkan Air (Saran John Titor)


         Salah satu saran seorang penjelajah waktu dari masa depan yang bernama “John Titor” adalah “Belajar lah dasar sanitasi dan penjernihan air”.  Alasan ia menyarankan kalimat itu kepada kita dalah karena pada tahun 2036 di mana ia tinggal, air bersih sangat sukar di dapatkan akibat radiasi nuklir, oleh karena itu  setiap orang akan sangat berhati – hati  dengan makanan/minuman yg akan di konsumsinya. 


              Yah, walaupun kebenaran John Titor diragukan, namun itu menunjukkan bahwa kita harus menjaga kelestarian air.

         Bicara tentang cara menjaga kelestarian air, saya ingin membagi cara – cara sederhana untuk menjernihkan air, khusunya buar para remaja Indonesia yang suka menggunakan cara simple. Di jamin gampang banget! Nih cara – caranya!



  
1.       1. Menggunakan saringan kain katun




              Pembuatan saringan air dengan menggunakan kain katun merupakan teknik penyaringan yang paling sederhana / mudah. Air keruh disaring dengan menggunakan kain katun yang bersih. Saringan ini dapat membersihkan air dari kotoran dan organisme kecil yang ada dalam air keruh. Air hasil saringan tergantung pada ketebalan dan kerapatan kain yang digunakan.

2.       2. Menggunakan saringan kapas



           Teknik saringan air ini dapat memberikan hasil yang lebih baik dari teknik sebelumnya. Seperti halnya penyaringan dengan kain katun, penyaringan dengan kapas juga dapat membersihkan air dari kotoran dan organisme kecil yang ada dalam air keruh. Hasil saringan juga tergantung pada ketebalan dan kerapatan kapas yang digunakan.

3.       3. Aerasi



        Yah, mungkin ini cara yang paling susah, Aerasi merupakan proses penjernihan dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air. Dengan diisikannya oksigen ke dalam air maka zat-zat seperti karbon dioksida serta hidrogen sulfida dan metana yang mempengaruhi rasa dan bau dari air dapat dikurangi atau dihilangkan. Selain itu partikel mineral yang terlarut dalam air seperti besi dan mangan akan teroksidasi dan secara cepat akan membentuk lapisan endapan yang nantinya dapat dihilangkan melalui proses sedimentasi atau filtrasi.

4. Tradisional



Mungkin itu aja beberapa cara untuk menjernihkan air. Well, setidaknya dengan hanya membaca artikel ini anda telah menjalankan saran dari Titor. Thanks for reading!!!!!!!



Tidak ada komentar: